tangki biotek

Tangki Biotek

Tangki Biotek

Untuk Ipal Komunal dan STP Domestik

 

Apa Itu Tangki Biotek ?

Tangki biotek merupakan jenis tangki penampungan atau pengolahan air limbah. Dikenal juga sebagai IPAL Biotec atau tangki IPAL, tangki ini menggunakan material unit tangki fiberglass yang bentuknya bulat memanjang (silinder). Salah satu tangki yang difabrikasi Oleh Toya Arta Sejahtera ini memiliki beberapa keunggulan dibanding produk sejenis lainnya.

 

Dalam Proses Fabrikasinya selain melayani design paket STP biotek. Beserta pemasangan mesinnya. lengkap dengan uji fungsi serta Training operator. Toya Arta Sejahtera juga melayani pemesanan pembuatan unit tangkinya saja. Design dan dimensi dari pemesan. Sedangkan kami hanya biaya Fabrikasinya saja.

 

 

Cara kerja dan fungsi tangki biotek

Secara garis besar, instalasi pengolahan air limbah (IPAL) terdiri atas struktur yang dirancang sedemikian rupa untuk pembuangan limbah. Baik untuk limbah biologis maupun kimia yang berasal dari air. Dengan begitu, air yang mengalir aman digunakan untuk kegiatan sehari-hari, sebut saja minum, mandi, dan mencuci pakaian. 

 

Pada tangki IPAL, akan ada perlengkapan yang memungkinkannya memproses limbah dari macam-macam sumber. Dari limbah rumah tangga hingga limbah industri. Cairan yang dibuang lewat tangki biotek pun dipastikan keluar ke lingkungan yang telah memenuhi standar yang diberlakukan. Dengan begitu, pencemaran lingkungan pun dapat ditekan secara maksimal.

Dalam pemasangannya, IPAL kerap dijumpai di pengolahan limbah domestik seperti rumah tangga, puskesmas, rumah sakit, hingga laboratorium.

 

 

 

tangki biotek

 

 

Tangki Biotek dan IPAL dalam Menjaga Kesehatan Lingkungan

 

Untuk lebih mengenal dan mengetahui infprmasi lebih lanjut mengenai produk Tangki Biotek Hasil fabrikasi kami. Serta untuk apa fungsi dan kegunaaan nya. dan manfaat yang diberikan dengan pemasangan tangki biotek ini. Untuk lebih lengkapnya, berikut fungsi dan manfaat dari pemasangan tangki IPAL model Biotek:

 

 

  • Mengolah air kotor menjadi air bersih

Seperti yang dibahas sebelumnya, fungsi utama tangki IPAL terletak pada penyaringan air kotor dari berbagai sumber menjadi air bersih. Sistem yang dipasang dalam tangki biotek pun memungkinkan air yang masuk lepas dari berbagai racun dan kandungan berbahaya lainnya. Salah satu contoh dari instalasi tangki IPAL terbaik adalah Singapura yang memproses air limbah untuk air minum.

 

 

  • Menghapus fobia sungai pada masyarakat

Beberapa orang ternyata enggan mengonsumsi ikan dari sungai karena kontaminasi limbah dari pabrik yang berada di sekitarnya. Akan tetapi, dengan pemasangan tangki IPAL. Limbah dari pabrik atau industri tertentu akan diolah secara ketat sebelum ‘dibuang’ ke sungai. Sehingga air sungai bukan hanya bebas bau dan kotoran, tetapi jadi ekosistem yang aman bagi masyarakat.

 

 

  • Menunjang usaha di sekitar pembuangan limbah

Penggunaan tangki biotek secara tak langsung akan menunjang usaha yang dijalankan masyarakat di sekitar pembuangan limbah. Tak sedikit unjuk rasa warga terhadap pabrik yang disebabkan limbah kotor dan beracun yang membuat air sungai tak layak dikonsumsi. Sementara kalau pabrik memakai tangki IPAL, konflik seperti ini dapat ditekan seoptimal mungkin.

 

 

  • Memperlancar siklus ke arah yang positif

Pengolahan air limbah turut berdampak pula pada keberlangsungan pabrik. Ketika air diproses dengan baik, pihak pabrik bisa memanfaatkan air yang steril dari kotoran dan racun untuk produksi. Dengan demikian, pabrik dapat menghemat pengeluaran untuk air dan tak merugikan pihak lain seperti masyarakat sekitar yang bergantung pada sungai.

 

 

  • Anggaran bisa dipakai untuk kepentingan lain

Manfaat lainnya dari pemasangan tangki biotek adalah sisa anggaran yang dapat pabrik alokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih penting. Dalam hal ini, pabrik mungkin akan mengeluarkan biaya yang cukup besar di awal untuk membeli tangki dan instalasinya. Namun, langkah ini akan menjadi investasi jangka panjang bagi pihak yang bersangkutan.

 

 

 

 

[wpi_designer_button id=’377′]

 

 

 

Komponen penyaringan dalam tangki biotek

Memegang peran penting, sistem penyaringan dalam tangki IPAL akan berpengaruh pada mutu air limbah yang diproses di dalamnya. Ada dua komponen penting yang biasanya dipasang pada tangki IPAL, yakni sand filter dan carbon filter.

 

Selain dalam tangki biotek, sand filter dan carbon filter juga terdapat dalam tangki filter. Sesuai namanya, tangki filter berfungsi sebagai penyaring air yang umumnya dibuat dari fiber dan plat besi (besi hitam atau stainless steel). Menggunakan tangki ini memungkinkan seseorang atau kelompok mendapatkan air yang bebas bau dan rasa.

 

Keberadaan sand filter dan carbon filter dalam tangki IPAL jelas membawa peran krusial, karena kandungan dalam air limbah yang lebih kompleks. Proses filter tak jarang lebih berat karena kotoran dan racun yang lebih banyak. Lantas, bagaimana kedua komponen tersebut bekerja dan seperti apa fungsinya dalam tangki?

 

 

  • Sand filter

Orang-orang yang kurang akrab dengan tangki biotek mungkin kurang familier dengan sand filter. Wajar saja mengingat jenis penyaringan tersebut hanya dipasang pada tempat-tempat industri yang aksesnya tak ditujukan untuk masyarakat publik.

 

Secara umum, sand filter adalah alat atau mesin penyaring air yang menggunakan pasir silika untuk memisahkan kotoran. Jenis pasir yang satu ini jelas berbeda dengan pasir yang dijumpai di pantai, sebab dikhususkan untuk menjernihkan air, menyaring lumpur, endapan, dan partikel-partikel kecil lain yang kadang terbawa air.

 

 

 

[wpi_designer_button id=’338′]

 

 

 

 

Setidaknya ada tiga jenis saringan pasir yang dimanfaatkan, antara lain:

 

Saringan pasir lambat.

Jenis saringan ini tersusun atas pasir pada lapisan terata dan kerikil pada lapisan bawah. Untuk mendapatkan air bersih dari tangki biotek. Air limbah atau kotor akan melewati lapisan pasir dulu sebelum mencapai kerikil. Partikel-partikel kotor pun akan tertahan di setiap lapisan mengikuti ukurannya.

 

 

Saringan pasir cepat.

Sebenarnya, komposisi penyusun dalam saringan pasir cepat masih sama dengan versi lambat. Hanya saja, arah penyaringannya dibalik. Air yang disaring akan melewati kerikil terlebih dulu sebelum mencapai lapisan pasir. Dikatakan cepat karena kotoran dan partikel akan tertahan lebih dulu di lapisan kerikil, sehingga yang sampai di pasir adalah air jernih.

 

 

Gravity-fed filtering system.

Menggabungkan dua jenis saringan sebelumnya, proses penjernihan air akan melewati dua tahap. Satu. Air akan disaring dengan SPC terlebih dulu, lalu dilanjutkan ke SPL. Penyaringan dua kali ini diharapkan menghasilkan kualitas air yang lebih baik dari tangki biotek, terutama saat alat digunakan dalam lingkungan yang limbahnya berbahaya.

 

Ketiga metode di atas sudah dipakai secara luas oleh berbagai industri di dunia. Saringan pasir cepat dan aliran atas memerlukan pemakaian bahan kimia bernama flokulan agar kinerjanya kian efektif. Sementara saringan pasir lambat mampu menghasilkan air bermutu tinggi dengan cara menumpas patogen mencapai lebih dari 90%. Ada kalanya sand filter dipasangkan dengan carbon filter di lapangan untuk penyaringan yang lebih kompleks.

 

 

 

 

[wpi_designer_button id=’241′]

 

 

 

 

Fungsi dan bentuk sand filter

Setiap indutri pastinya membutuhkan masing-masing kebutuhan terkait pengolahan air limbah dengan tangki biotek. Maka dari itu kapasitas sand filter pun beragam. Ada yang bisa menjernihkan air dengan kapasitas 3.000 liter per jam, ada juga yang bisa mencapai 300.000 liter per jam. Ketersediaan kapasitas penyaringan yang beragam dianggap memudahkan pabrik dan pekerja industri tertentu saat memilah sand filter yang dibutuhkan.

 

Bagaimana dengan bentuknya? Sebagian besar sand filter mempunyai bentuk bak bulan cekung dengan bidang vertikal maupun horizontal. Material utama yang digunakan umumnya stainless steel karena mampu menampung air berkapasitas besar dalam beberapa waktu sekaligus.

 

 

  • Carbon filter

Jenis penyaringan selanjutnya yang kerap digunakan dalam tangki biotek adalah carbon filter. Jenis karbon yang digunakan bukan sembarang karbon, melainkan activated carbon alias karbon aktif. Berbeda dari karbon biasa, activated carbon diolah sedemikian rupa agar teksturnya memungkinkan penyaringan maksimal. Selain itu, jenis karbon ini umumnya mengaktifkan muatan positif supaya dapat menarik kontaminan air yang mengandung muatan negatif.

Carbon filter sebenarnya lebih sering dipakai untuk memurnikan kandungan air, tetapi ada juga yang memanfaatkannya untuk membersihkan udara. Cara kerja karbon aktif memungkinkan penyaringan untuk melakukan lima fungsi berikut ini:

 

Penyerapan bau.

Menghilangkan bau tak sedap dari air limbah atau kotor kadang lebih menyulitkan ketimbang memudarkan warnanya. Namun, pengikatan yang dilakukan karbon aktif dapat membuat aroma busuk atau menyengat dari air limbah dalam tangki biotek lenyap.

 

 

Menjernihkan air.

Bagaimana cara kerja karbon aktif dalam memurnikan air? Jenis karbon tersebut mempunyai pori-pori besar yang dapat memaksimalkan penyerapan sedimentasi atau endapan yang ada di dalam air. Bahkan peran ini lebih efektif dibandingkan pasir.

 

 

Mengambil klorin.

Klorin adalah salah satu senyawa yang sering digunakan pabrik. Jumlahnya yang terlampau banyak dalam air justru akan balik membahayakan masyarakat. Menjernihkan dengan karbon aktif pun dinilai ampuh karena kemampuan mengikatnya yang lebih kuat.

 

 

Menghasilkan rasa segar.

Air yang terasa hambar atau tidak enak dapat diatasi dengan pemakaian carbon filter. Pasalnya, kotoran dan racun yang masuk ke tangki biotek akan dimurnikan terlebih dulu sebelum dipakai untuk kebutuhan air minum.

 

 

Meloloskan kandungan penting.

Selain mengikat, ternyata karbon aktif dalam carbon filter pun dapat meloloskan sejumlah kandungan penting seperti garam, mineral, dan senyawa anorganik. Jadi, air tak sepenuhnya kehilangan esensi penting saat dimanfaatkan untuk konsumsi.

 

Kemanjuran yang diberikan carbon filter terletak pula dari aturan laju aliran. Saat air dibiarkan mengalir lewat penyaringan yang lambat terlebih dulu, maka kontaminan akan sampai ke media filter dalam waktu lebih lama. 

 

Ada dua jenis metode penyaringan dalam carbon filter pada tangki biotek yang digunakan. Di antaranya Media Biofilter dan bubuk Bakteri maupun nutrisi. Filter Biofilter sejauh ini dianggap efektif saat dipakai untuk kontaminan jumlah besar. Sementara jenis bubuk lebih direkomendasikan untuk pemakaian skala kecil.

 

 

 

tangki biotek

 

 

 

Pemakaian IPAL Tangki Biotek di berbagai sektor dan bidang

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa IPAL Tangki Biotek mempunyai fungsi krusial dalam filterasi air. Kemudian, seperti yang sudah disinggung, pengolahan air limbah bersinggungan pula dengan sektor dan bidang lain, antara lain:

 

 

  • IPAL rumah sakit

Bertambahnya jumlah rumah sakit di Indonesia perlu diimbangi dengan pemantauan fasilitas dan layanan yang diberikan. Terutama pada rumah sakit daerah yang kadang luput dari perhatian. Selain itu, rumah sakit juga harus memenuhi kriteria tertentu untuk mendapatkan akreditasi, salah satunya adalah IPAL seperti tangki biotek untuk pengolahan air limbah.

 

IPAL di rumah sakit sangat penting karena tingginya pemakaian obat-obatan dan produk lain yang mengandung bahan-bahan kimia tertentu. Jika dibuang sembarangan, kandungan dalam obat atau bahan tersebut berisiko mencemari lingkungan atau masyarakat sekitar. IPAL pun harus mengikuti standar baku yang telah ditetapkan pemerintah yang berhubungan dengan limbah cair.

 

IPAL rumah sakit yang ditangani perusahaan instalasi profesional seperti Toyo Arta memastikan pembuatan pengolahan air limbah didasarkan pada desain dan teknologi teranyar dengan bujet yang masih bersahabat. Hal ini tak terlepas dari desainer hingga teknisi berpengalaman selama puluhan tahun yang menangani proyek dengan perencanaan matang. Dengan begitu, tangki biotek pada IPAL rumah sakit berfungsi sesuai tujuan.

 

 

  • IPAL rumah pemotongan hewan (RPH)

IPAL rumah pemotongan hewan atau RPH terdiri atas serangkaian mesin dan peralatan yang ditujukan untuk memproses air limbah dari hasil penjagalan hewan. Berbeda dari IPAL rumah sakit yang didominasi limbah cair. IPAL di RPH lebih banyak diisi limbah padat seperti daging dan tulang, limbah darah, dan limbah lemak yang kerap terbawa aliran air. 

 

Oleh karena itu setiap alat dan perlengkapan yang dipasang pada IPAL RPH dipastikan bekerja sesuai masing-masing fungsi. Dalam hal ini, Toya Arta Sejahtera akan menjamin setiap barang yang diproduksi sudah sesuai dengan desain dan kapasitas agar kinerjanya berjalan sebaik tangki biotek. Tak hanya itu, perusahaan ini memakai sistem bernama Biology Activated Sludge yang mengandalkan turbo jet aerator. Sistem ini juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk diteruskan dengan sistem adsorpsi dan filtrasi.

 

Toya Arta Sejahtera pun memastikan IPAL yang mereka pasang mengikuti prinsip pengolahan limbah di RPH, antara lain proses pemisahan, penguraian, dan finishing. Pada proses pemisahan, kotoran padat akan diurai menggunakan bar screen, sementara limbah darah memakai desinfeksi dan mixing untuk mencegah pembekuan. Kemudian, limbah padat atau rumen akan dipisahkan memakai screw press. Jauh lebih kompleks apabila dibandingkan dengan tangki biotek.

 

Lantas pada penguraian ada proses biologi yang mengandalkan bak aerasi yang telah dilengkapi turbo jet aerator. Apabila RPH dilengkapi laboratorium sebagai salah satu fasilitas, maka air limbah dari tempat tersebut akan melewati pengolahan dulu di IPAL laboratorium sebelum dibuang.

 

 

  • IPAL laboratorium

Perhatian pemerintah terhadap lingkungan turut mendorong Toya Arta Sejahtera untuk meningkatkan kualitas dalam pengelolaan limbah, termasuk di laboratorium. IPAL menjadi salah satu standar wajib yang diberlakukan sebelum mengoperasikan laboratorium untuk kepentingan publik. Pasalnya, seperti di rumah sakit, laboratorium juga kerap membuang limbah kotor hingga bahan-bahan kimia beracun dan berbahaya yang mungkin sulit disaring tangki biotek.

 

Selain itu, beberapa laboratorium melaksanakan analisis dengan komponen mikrobiologi seperti agar-agar. Jenis komponen tersebut dikategorikan sebagai pengotor dan masuk ke jenis Limbah B3. Oleh karena itu, IPAL menjadi krusial di laboratorium untuk memudahkan pembuangannya.

 

Seperti di rumah sakit pula, IPAL di laboratorium mengandalkan Metode Kimia Fisika sebagai salah satu sistem untuk menangani limbah yang akan dibuang. Toya Arta Sejahtera pun memastikan setiap mesin yang mereka pasang di laboratorium berjalan maksimal dalam waktu lama supaya tidak ada limbah yang tertinggal atau membahayakan orang-orang yang bekerja.

 

 

  • IPAL medis puskesmas

Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang bisa dikatakan dekat dengan masyarakat. Namun, belum banyak yang menyadari pentingnya pemasangan tangki biotek maupun IPAL di tempat ini. Sementara itu, penggunaan obat dan bahan kimia lain di puskesmas tak kalah banyak seperti di klinik maupun rumah sakit.

 

Jika tidak diperhatikan, puskesmas akan berpotensi menjadi tempat penularan penyakit. Maka dari itu, IPAL di fasilitas kesehatan ini wajib dibangun. Jadi, limbah dapat dikelola dengan baik tanpa harus membahayakan pasien yang sedang melakukan kunjungan. Dalam hal ini, Toya Arta Sejahtera akan siap memberikan bantuan agar IPAL yang terpasang bekerja sebaik di tempat lainnya.

 

 

 

 

 

[wpi_designer_button id=’342′]

 

 

 

 

 

Dengan informasi terkait tangki biotek dan pemasangan pengolahan limbah, pengelola industri dan sektor terkait maupun masyarakat diharapkan dapat lebih peduli untuk menjaga kesehatan maupun lingkungan di sekitarnya.

 

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Produk tangki Biotek Maupun Tangki Instalasi Pengolahan air limbah yang lainnya Silahkan menghubungi Perusahaan Kami Toya Arta Sejahtera. Hubungi Tecnical suport dan marketing kami via telephone atau email atau Konsultasi via Whats Ap dengan call centre fast response kami. Dengan Senang hati kami akan mem presentasikannya. Serta Menyampaaikaan semua produk dan layanan dari perusahaan kami.

 

HUBUNGI KAMI

 

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

Green View Blok H No. 3 Jl. KH. M Sanun Harapan Jaya Cibinong Kab. Bogor

 

 

 

 

TELP :  +62 21 83716924

 

 

 

 

EMAIL : toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

FAST RESPONSE CALL : +62 812 180 34606

 

 

 

 

[wpi_designer_button id=’241′]

Scroll to Top