tube settler water treatment

Apa Itu Tube Settler Water Treatment Pada Pengolahan Air Minum? 

Clarifier merupakan istilah yang digunakan untuk kolam pengendapan dalam pengolahan air bersih (water treatment) maupun air limbah. Agar proses pengendapan ini berjalan mulus, maka diperlukan tube settler water treatment.

Produk water treatment yang satu ini merupakan sebuah selongsong (tube) yang biasanya terbuat dari lempengan PVC maupun fiberglass (FRP).

Dengan alat ini, maka air kotor ataupun air limbah yang masuk ke dalam clarifier, akan melalui proses pengendapan terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya mengenai alat ini, yuk simak beberapa informasi berikut ini!

tube settler water treatment
tube settler water treatment

Apa Itu Tube Settler Water Treatment?

Bagi Anda yang bekerja di bidang water treatment, kiranya memang tidak asing lagi dengan produk yang satu ini.

Dimana dengan tube settler ini, proses pengendapan air kotor yang terjadi pada kolam pengendapan (clarifier) akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Seperti namanya, tube settler merupakan sebuah selongsong (tube) yang disusun di sepanjang kolam pengendapan, dengan kemiringan sekitar 60 derajat.

Biasanya, tube settler water treatment ini terbuat dari lembaran PVC maupun fiberglass (FRP) yang memiliki bentuk menyerupai gelombang.

Pemasangannya sendiri yaitu dengan cara direkat antara satu dengan yang lainnya, hingga membentuk sebuah balok.

Alasan dipilihnya PVC sebagai bahan pembuatan tube settler yaitu karena pada umumnya PVC mudah tenggelam dalam air, serta tidak mudah terbakar.

Meskipun terkena air, PVC pada umumnya memiliki komponen tertentu, yang bisa memadamkan api dengan sendirinya, serta memiliki ketahanan terhadap zat kimia.

Sementara tube settler atau Plate settler media sarang tawon lainnya yang menggunakan bahan fiberglass, pada umumnya memiliki ketahanan yang kuat, awet, penggunaan konsumsi energi yang rendah, biaya perawatan yang rendah, dan yang lainnya.

Jenis tube settler inilah yang tersedia di Toya Arta Sejahtera, yang telah dikenal sebagai jasa water treatment, IPA dan juga IPAL terbaik hingga saat ini.

Berapa Ukuran Tube Settler yang Ideal untuk Proses Pengendapan Air Kotor/Air Limbah? 

Sebagaimana diketahui, proses pengendapan atau yang dikenal juga dengan proses sedimentasi, merupakan suatu proses dalam water treatment, dimana air yang akan diolah menjadi air layak minum, akan dipisahkan dari berbagai partikel yang mungkin terkandung di dalamnya.

Proses pengendapan/sedimentasi ini akan berlangsung di dalam kolam pengendapan (clarifier).

Untuk menyesuaikan sifat air yang bisa meresap melalui celah-celah kecil, hingga bisa menyesuaikan dengan tempat yang disinggahinya.

Maka proses sedimentasi tersebut ada baiknya menggunakan produk-produk water treatment yang sesuai dengan sifat-sifat air tersebut.

Maka dari itu, beberapa jasa water treatment kemudian memilih tube settler.

Hal ini dikarenakan, dengan beberapa selongsong yang digunakan, membuat air bisa meresap melalui celah-celah kecil pada selongsong tersebut.

Keuntungan lainnya, yaitu proses sedimentasi akan berjalan lancar.

Karena setiap partikel pada air tersebut bisa melalui proses pengendapan secara keseluruhan, dan tanpa terkecuali.

Lintasan partikel air yang mengendap pada tube settler water treatment tersebut pada umumnya terdiri dari 2 vektor.

Dimana vektor yang pertama merupakan vektor yang berasal dari kecepatan aliran air yang ada pada tube settler.

Sementara vektor lainnya didapatkan dari vektor kecepatan partikel pada air.

Dalam arti, proses pengendapan air dengan menggunakan tube settler ini memungkinkan proses sedimentasi yang dilakukan, bisa menghasilkan partikel air yang masuk ke dalam celah-celah tube settler, yang dibantu dengan kecepatan aliran air ,yang masuk ke beberapa selongsong tube settler tersebut.

Pentingnya Pemasangan Tube Settler Water treatment pada prinsip Kerja Clarifier

Dari penjelasan diatas juga bisa disimpulkan, bahwa besar kecilnya diameter dari tube settler tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi proses sedimentasi yang dilakukan.

Bukan itu saja, sudut kemiringan dari tube settler ini juga turut berperan dalam proses pengendapan partikel pada air, yang diolah menjadi air layak minum ini.

Dimana selongsong pada tube settler yang berukuran kecil, pada umumnya akan membutuhkan sudut kemiringan yang cukup besar.

Begitu juga jika diameter yang dimiliki tube settler water treatment yang digunakan tersebut memiliki dimensi yang cukup besar, maka sudut kemiringan yang dibutuhkan, pastinya akan kecil.

Meskipun demikian, dimensi tube settler yang kecil, misalnya sekitar 1 hingga 1,25 inci, maka hal ini akan membuat proses sedimentasi yang dilakukan, akan membutuhkan kolam pengendapan yang besar juga.

Begitu juga jika dimensi tube settler yang berukuran besar, misalnya dengan diameter sekitar 2,5 inci, maka hal ini memungkinkan konstruksi tube settler tersebut tidak kokoh. 

Hal ini dikarenakan, posisi tube settler yang terlalu tegak, karena sudut kemiringan yang digunakan pastilah akan kecil juga.

Meskipun memang, dengan tube settler dengan ukuran lebih dari 2,5 inci ini, bisa sedikit menghemat ruang kolam sedimentasi. 

Lalu berapa diameter tube settler yang disarankan? Idealnya, dimensi tube settler yang banyak direkomendasikan oleh jasa water treatment yaitu sekitar 2 inci, dengan tingkat kemiringan sekitar 60 derajat.

Hal ini dikarenakan, konstruksi tube settler yang dipasang akan lebih kuat, sementara partikel air bisa dengan mudah masuk ke selongsong tube settler tersebut.

Keuntungan Menggunakan Tube Settler Water Treatment Pada Proses Pengolahan Air Minum

Penggunaan tube settler pada proses pengolahan air kotor/air limbah memang sangat disarankan oleh para ahli water treatment. Hal ini dikarenakan, penggunaan produk ini memiliki keuntungan-keuntungan tersendiri. Diantaranya:

1.Kapasitas Clarifier Bisa Meningkat Sekitar 2 Hingga 4 Kali Lipat

Bisa dibilang, penggunaan tube settler pada proses pengolahan air limbah maupun air kotor lainnya, secara tidak langsung bisa membuat kapasitas clarifier (kolam pengendapan) dalam mengendapkan partikel air, bisa meningkat sekitar 2 hingga 4 kali lipat.

Jika dibandingkan dengan penggunaan Prinsip kerja clarifier tanpa menggunakan tube settler. 

2. Menghemat Penggunaan Coagulant pada instalasi Water treatment

Dalam proses water treatment terdiri dari 3 tahapan. Diantaranya tahapan koagulasi, tahapan sedimentasi dan terakhir yaitu tahapan filtrasi.

Sebelum melalui tahapan pengendapan/sedimentasi, air limbah/kotor tersebut akan melalui tahapan koagulasi.

Dimana dalam tahapan ini, air akan diberi sebuah zat khusus yang dinamakan dengan coagulant.

Zat ini digunakan untuk menetralkan partikel koloid yang mungkin ada pada air yang akan diproses.

Dengan penggunaan tube settler pada clarifier ini, memungkinkan Anda untuk bisa lebih menghemat coagulant, hingga 50%.

3. Pemasangan Tube Settler Instalation Menghemat Biaya Operasional

Selain bisa menghemat penggunaan coagulant, dengan memakai tube settler ini juga, secara tidak langsung akan menghemat biaya operasional secara keseluruhan.

Hal ini dikarenakan, frekuensi backwashing yang biasa dilakukan pada tahapan filtrasi, kini bisa sedikit dikurangi.

Dalam arti, jika frekuensi backwashing ini berkurang, maka secara otomatis akan mengurangi biaya listrik, biaya penyedotan air, hingga biaya-biaya lainnya, yang berkaitan dengan operasional water treatment yang dilakukan. 

4. Tube Settler Bisa Diaplikasikan Pada Berbagai Jenis Installation Clarifier

Keuntungan lainnya dari adanya tube settler media pada proses water treatment ini yaitu produk ini bisa digunakan pada jenis clarifier manapun.

Baik itu clarifier dalam kondisi baru, maupun pada clarifier yang sebelumnya telah digunakan.

5. Bisa Meningkatkan Debit air Olahan Water treatment

Dengan menggunakan tube settler, secara tidak langsung akan membantu proses peningkatan aliran air limbah.

Sehingga kapasitas air limbah yang masuk ke clarifier akan meningkat, yang memungkinkan proses water treatment bisa menghasilkan air layak minum, dengan kapasitas yang besar.

6. Harga Lebih Murah pembuatan water Treatment

Pada Tube settler Installation pada umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah, dibandingkan dengan produk sedimentasi lainnya.

Baik itu untuk tube settler water treatment yang terbuat dari fiberglass, maupun PVC.

7. Tube Settler installation Meningkatkan Kinerja Tangki Sedimentasi/Clarifier

Secara tidak langsung, penggunaan tube settler pada proses water treatment ini bisa meningkatkan kinerja dari tangki sedimentasi, atau yang lebih dikenal dengan clarifier (kolam pengendapan).

Dengan kinerja tinggi yang dihasilkan tersebut, akan menghasilkan air layak minum dengan kapasitas besar, serta waktu yang terbilang cepat.

8. Tube Settler Water treatment Bisa Dipasang Di Ruangan Sempit

Clarifier yang menggunakan tube settler Media pada umumnya bisa ditempatkan di sebuah ruangan (indoor).

Hal ini dikarenakan, penggunaan tube settler ini membuat clarifier menjadi lebih bersih, serta tidak memakan banyak tempat.

9. Membantu Mengurangi Pertumbuhan Alga

Salah satu masalah terbesar yang sering dialami oleh jasa water treatment yang tidak menggunakan tube settler pada clarifier, yaitu munculnya berbagai tumbuhan alga, di sekitar kolam pengendapan. Hal ini jelas akan sangat merugikan. 

Karena selain tidak sedap dipandang mata, pertumbuhan alga yang sangat cepat ini juga akan membuat clarifier menjadi cepat kotor.

Berbeda halnya jika Anda menggunakan tube settler pada clarifier yang digunakan dalam proses water treatment ini.

Dimana tube settler tersebut telah terbukti bisa mengurangi pertumbuhan alga.

10. Mengurangi Penyumbatan 

Tak bisa dipungkiri, clarifier yang tidak menggunakan tube settler akan rentan terjadi penyumbatan.

Hal ini dikarenakan, karena adanya penyumbatan kotoran di bagian bawah clarifier yang berasal dari tumbuhan alga dan juga kotoran lainnya.

Dengan menggunakan tube settler media ini, maka hal tersebut bisa diminimalisir.

Dimana pemasangan tube settler yang rapat, tentunya hal ini bisa mencegah berbagai kotoran menumpuk, yang bisa menyumbat clarifier.

11. Tube Settler media Pengendali Bau

Banyaknya kotoran yang menumpuk pada clarifier yang tidak menggunakan tube settler water treatment, tentunya akan membuat clarifier atau bahkan air yang tengah diendapkan tersebut menjadi berbau.

Karena itu, menggunakan tube settler sangat disarankan untuk proses water treatment ini.

Terutama dalam proses pengendapan air kotor/air limbah.

Hal ini dikarenakan, tube settler bisa mencegah penumpukan kotoran, yang bisa mengakibatkan clarifier dan air menjadi berbau.

12. Bisa Meminimalkan Hingga Menghilangkan Turbulensi Water Treatment

Sebagaimana diketahui, turbulensi yang terjadi pada proses water treatment akan menghalangi sedimentasi partikel yang tersuspensi, yang mengakibatkan penurunan kualitas air limbah, serta menurunkan efisiensi dari proses water treatment yang dilakukan.

Dengan menggunakan tube settler, secara tidak langsung bisa menekan arus angin yang masuk pada clarifier, selama proses pengendapan/sedimentasi berlangsung.

Sehingga pola aliran cekungan pada clarifier akan ditingkatkan, yang menyebabkan turbulensi bisa sedikit dikurangi. Bahkan mungkin dihilangkan sama sekali.

13. Tube Settler Media Memudahkan Lumpur Mengendap di Bawah Clarifier

Tube settler memungkinkan air limbah/air kotor bisa mengalir ke atas, dengan sudut antara 45 hingga 60 derajat. Sehingga memungkinkan lumpur bisa mengendap, dan jatuh ke ruang lumpur yang ada di bagian bawah clarifier.

Pemasangan Tube Settler water Treatment yang tepat sesuai teknis design akan memberikan bebrapa keuntungan yang signifikan dalam pengolahan air bersih

Toya Water System

Dimana Mendapatkan Tube Settler Water Treatment Terbaik?

Sebenarnya, tube settler bisa diperoleh di penyedia water treatment yang ada di seluruh Indonesia.

Hanya saja, jika Anda sebelumnya telah memilih untuk menggunakan jasa water treatment, biasanya jasa tersebut akan menyediakan tube settler berikut jasa pemasangannya sekaligus.

Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk memasangnya sendiri.

Seperti tube settler yang tersedia di Toya Arta Sejahtera. Dimana tube settler dari jasa water treatment terbaik ini merupakan jenis tube settler terbaik dengan bahan dan kualitas nomor satu.

Toya Arta Sejahtera sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang water treatment, hingga pengolahan limbah cair dan padat, yang dilakukan melalui sistem IPA dan juga IPAL.

Proses pelaksanaan IPA, IPAL dan juga water treatment ini meliputi:

  • Design engineering
  • Fabrikasi tangki
  • Construction
  • Instal unit IPAL, hingga
  • Proses commissioning

Bukan hanya itu saja, Toya Arta Sejahtera juga melayani hingga menyediakan berbagai peralatan dan perlengkapan water treatment, IPA dan juga IPAL terbaik.

Seperti diantaranya fabrikasi/pembuatan filter air, tangki fiberglass, hingga fabrikasi tangki besi baja (mid steel).

Khusus untuk fabrikasi tangki fiberglass, selain menyediakan tube settler water treatment, perusahaan yang berlokasi di Bogor ini juga menyediakan panel storage tank, panel tank, roof tank, honeycomb, lamella clarifier, hingga water storage tank cylinder.

Hubungi Kami Segera

Info Tube Settler Water Treatment

Dapatkan Informasi selengkapnya untuk produk Tube Settler water Treatment Spesifikasi Teknis Lamella dan Harga Terbaiknya dengan menghubungi Customer service dan Tecnical Suport Kami.

Keunggulan Tube Settler Water Treatment Media Toya Arta Sejahtera

Sementara untuk tube settler yang disediakan oleh Toya Arta Sejahtera ini merupakan jenis tube settler berbahan fiberglass (FRP).

Ada Juga yang diproduksi dengan menggunakan bahan PVC anti karat dan dilapisi dengan UV Protection agar tidak cepat rapuh.

Mengapa memilih tube settler dengan bahan ini?

Hal ini dikarenakan, Fiberglass Reinforced Plastic (FRP), atau yang lebih dikenal dengan fiberglass, memiliki keunggulan-keunggulan seperti:

  • Ketahanan korosi yang kuat. Hal ini dikarenakan, fiberglass terbuat dari resin poliester dan juga serat kaca/gelas, yang bisa menahan korosi asam, garam, alkali, limbah kimia, cairan kimia, hingga tanah korosif
  • Permukaan yang halus
  • Penggunaan konsumsi energi yang terbilang rendah
  • Tube Settler media Awet, bahkan bisa bertahan hingga 50 tahun lamanya
  • Biaya instalasi yang murah
  • Proses perawatan yang mudah
  • Biaya perawatan yang rendah
  • Tahan terhadap panas
  • Memiliki sifat anti polusi serta higienis. Sehingga sangat cocok untuk proses sedimentasi air kotor/limbah dalam proses water treatment
  • Anti beku, bahkan hingga tube settler tersebut mengalami titik beku hingga minus 20 derajat celcius sekalipun
  • Ringan sehingga mudah dibawa-bawa
  • Mudah dipasang
  • Dinding bagian dalam Tube Settler media yang halus
  • Desain yang menarik
  • Memiliki ketahanan terhadap abrasi
  • Tidak mudah berkerak maupun berkarat, serta
  • Tahan terhadap gesekan

Dengan alasan-alasan tersebut pulalah, mengapa akhirnya Toya Arta Sejahtera memilih tube settler yang berbahan fiberglass ini sebagai tube settler yang dijual, hingga dijadikan perlengkapan water treatment yang banyak digunakan pada proses penjernihan air,

IPA dan juga IPAL ini.

Dari penjelasan diatas, kiranya kini Anda telah paham mengenai peran penting dari tube settler water treatment bagi proses penjernihan air (water treatment) hingga instalasi pengolahan air (IPA) dan juga instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

Jadi, jika air di kawasan tempat tinggal Anda kotor, berbau, tercemar, hingga dikategorikan sebagai air tidak layak minum,

Maka Anda tak perlu banyak waktu lagi untuk berpikir. Karena Anda bisa segera menghubungi Toya Arta Sejahtera sekarang juga.

Alasannya tentu saja, karena jasa water treatment ini akan membantu Anda,

Hingga akhirnya Anda bisa mendapatkan air yang layak konsumsi. 

FAQ

Apakah Yang dimaksud Dengan tube Settler Water treatment ?

Tube Settler water Treatment adalah sebuah media berbentuk hexagonal yang disusun setiap plate setlernya menjadi sebuah modul berbentuk sarang tawon dengan ukuran 1 meter x 1 meter

Bagaimana Cara installasi Tube Settler Installation ?

Pemasangan Tube Settler water treatment dilakukan dengan Kemiringan 60 Derajat se arah dengan aliran air agar kemiringan dan laju air bisa berjalan maksimal

Apa Prinsip Kerja Clarifier dan Fungsi Lamella Plate Settler ?

Prinsip Kerja Lamella Clarifier adapah merubah aliran air dari Vertical 180 derajat menjadi laminar 60 derajat dengan kemiringan tersebut waktu tunggal laju aliran akan menjadi lebih lama sehingga lumpur akan mudah mengendap di dasar clarifier ?

Berapa Harga Tube Settler per m3 ?

Harga Lamella clarifier ini sangat bervariatif tergantung dari bahan apa yang dipergunakan mulai dari PVC, FRP dan Lain nya, Selain itu harga juga ditentukan dari berapa volume yang akan dipasang. Tentunya pembelian lembaran akan lebih murah jika dibandingkan dengan Pembelian satu modul yang telah disusun

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top