ipal domestik

Ipal Domestik

Sekilas mengenai instalasi Pengolahan Air Limbah Ipal Domestik. Air merupakan salah satu kebutuhan utama sehari-hari manusia yang perlu dipenuhi. Selain menunjang aktivitas, air juga dibutuhkan dalam menjaga kesehatan serta kebersihan diri maupun lingkungan sekitar.

 Karena itu, tak heran jika air juga merupakan salah satu limbah terbesar yang dihasilkan oleh manusia, baik itu dalam lingkungan perumahan, perkantoran, industri, sekolah, fasilitas umum, dan sebagainya.

Apalagi, tercatat bahwa penggunaan air untuk tiap individu adalah sekitar 150 liter per hari untuk segala kebutuhan, dan ada sekitar 70-80 persen dari konsumsi air tersebut yang dibuang kembali sebagai limbah.

Inilah yang disebut dengan air limbah domestik.

 

Prinsip Pengolahan Air Limbah Domestik

Secara garis besar, air limbah domestik sendiri merupakan air limbah yang sumbernya berasal dari berbagai aktivitas manusia seperti mandi, memasak, mencuci, dan lainnya.

Dari segi kuantitas, air limbah domestik ini lebih tinggi dibandingkan air limbah industri. Dan “penyumbang” terbesar adalah institusi seperti restoran, hotel, apartemen, dan rumah sakit.

Diperlukan suatu sistem Ipal Air limbah domestik sebagai salah satu cara menanggulangi permasalahan tersebut

Air limbah dengan Type seperti Ini biasa disebut juga dengan Limbah cair Rumah Tangga.

Mutu air limbah domestik sendiri mengandung hampir 100 persen kandungan organik.

Karena sumber air limbahnya berasal dari buangan kegiatan manusia setiap hari. Sistem Pengolahan air limbah Ipal domestik ini dalam skala besar menggunakan Teknologi Ipal Komunal.

 

Baku Mutu air Limbah domestik

Padahal, seperti halnya jenis limbah lainnya, air limbah domestik dapat mencemari lingkungan apabila tidak dikelola dengan baik dan tepat.

Karenanya, pemerintah pun tidak berdiam diri saja. Melalui Keputusan Menteri Kementerian Lingkungan Hidup No. 112 Tahun 2003 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik, para pengelola usaha yang menghasilkan air limbah dalam jumlah besar diwajibkan untuk mengelolanya dulu sebelum benar-benar dibuang.

Bahkan, aspek pengelolaan air limbah domestik ini termasuk ke dalam salah satu syarat bagi sebuah usaha untuk mendapatkan izin lingkungan agar dapat beroperasi secara legal.

 

 

Pengolahan ipal domestik
Pengolahan ipal domestik

 

 

Produsen Pengolahan Air Limbah IPAL Domestik Terbaik dan Profesional

Apabila Anda merupakan pemilik atau pengelola salah satu tempat usaha yang diwajibkan untuk mengelola air limbah, atau ingin mengolah air limbah yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari rumah tangga,

IPAL domestik adalah solusi tepat yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Apa itu IPAL domestik serta implementasinya dapat Anda temukan penjelasannya berikut ini.

 

Mengenal IPAL Secara Umum

IPAL untuk pengolahan air limbah domestik sendiri merupakan singkatan dari instalasi pengolahan air limbah.

Atau yang juga dikenal dengan istilah wastewater treatment plan (WWTP).

Instalasi ini merupakan sebuah struktur yang didesain dengan tujuan utama membuang limbah kimiawi maupun biologis dari air agar air tersebut dapat dipergunakan untuk aktivitas lain.

Fungsi dari IPAL limbah domestik sendiri meliputi pengolahan air limbah IPAL untuk berbagai sektor, mulai dari rumah tangga hingga komersial.

Jadi, secara garis besar, Anda bisa simpulkan bahwa tujuan utama dari adanya pengolahan air limbah lewat IPAL limbah domestik ini adalah untuk menjaga kebersihan dan melestarikan alam,

Tujuan Ipal secara jangka panjang dapat mencegah risiko kesehatan masyarakat yang dikarenakan oleh pencemaran lingkungan, termasuk pencemaran karena pembuangan limbah cair yang dilakukan secara sembarangan.

Dalam aktivitas pengolahan limbah, terdapat beberapa kategori penting sebagai berikut:

 

Pengolahan limbah medis.

Pengolahan limbah medis merupakan aktivitas yang dilakukan untuk mengolah segala jenis limbah yang dihasilkan dari kegiatan medis. termasuk limbah cair.

Contohnya limbah dari kegiatan di rumah sakit, klinik, puskesmas, laboratorium, rumah bersalin, dan berbagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat yang lainnya.

Dalam prosesnya, air limbah yang dihasilkan dari aktivitas medis akan diolah terlebih dahulu dengan sistem IPAL medis sebelum nantinya dibuang ke badan air penerima dengan tingkat hasil buangan (effluent) yang telah memenuhi standar baku mutu berdasarkan peraturan pemerintah.

 

Pengolahan limbah domestik.

Yang termasuk ke dalam kategori limbah domestik adalah limbah yang berasal dari apartemen, hotel, dan saluran perkotaan.

Sumber air limbah domestik yang paling umum mencakup limbah rumah tangga, restoran, toko, kantor, institusi pemerintah, balai pertemuan, dan tempat atau fasilitas lain di mana di dalamnya terjadi aktivitas yang dilakukan oleh banyak orang.

Biasanya, istilah untuk sistem IPAL yang dipergunakan sebagai unit pengolahan air limbah rumah tangga ini disebut sebagai IPAL domestik.

Sementara itu, IPAL untuk lingkup perkotaan, di mana jumlah debit air limbahnya tentu jauh lebih besar dibandingkan air limbah rumah tangga, jenis IPAL yang digunakan dikenal sebagai IPAL komunal.

Jenis IPAL yang satu ini terkonsentrasi ke dalam satu titik pusat, yang bukan hanya bisa digunakan untuk ruang lingkup kota, tapi juga kecamatan yang mengalami kesulitan dalam mengelola air limbah.

Sistem IPAL domestik sendiri juga biasa disebut dengan istilah sewage treatment plant alias STP.

Di pasaran sendiri, Anda sebenarnya bisa menemukan begitu banyak produk unit STP yang tersedia untuk beragam jenis kebutuhan.

Contohnya STP biotek yang dilengkapi dengan tangki biotek fiberglass untuk kebutuhan IPAL domestik, atau STP gedung yang paling umum digunakan sebagai bagian dari sistem IPAL gedung perkantoran maupun IPAL komunal.

 

Pengolahan limbah industri.

Sedangkan pengolahan limbah industri dapat dilakukan lewat penerapan metode WWTP.

Jenis instalasi pengolahan air limbah inilah yang wajib di implementasikan dan dimiliki oleh seluruh badan usaha maupun pabrik, termasuk pabrik non-kawasan industri.

Untuk aktivitas pengolahan limbah industri, air limbah biasanya akan dikelola serta diolah di dalam sebuah sistem IPAL terpadu.

Di samping itu, parameter atau standar baku mutu effluent yang ditetapkan bagi air limbah hasil dari aktivitas industri telah ditetapkan secara spesifik. 

Karena itulah jika tempat usaha atau pabrik yang Anda kelola memiliki limbah cair yang effluent-nya berada di atas kriteria yang telah ditetapkan, air limbah tersebut wajib diolah di dalam unit IPAL internal perusahaan dulu agar effluent limbahnya dapat memenuhi parameter standar IPAL terpadu di kawasan industri.

Jadi, bisa disimpulkan kalau proses pengolahan air limbah di kawasan industri dapat dilakukan sebanyak dua kali.

 

Pengolahan limbah peternakan dan pertanian.

Untuk kebutuhan pengolahan air limbah di sektor pertanian dan peternakan, sistem IPAL yang digunakan biasanya adalah sistem yang mempergunakan Teknologi An Aerobik.

Hal ini dikarenakan parameter organik untuk limbah cari dari sektor ini yang sangat tinggi.

Di samping itu, teknologi ini juga memberikan keuntungan lain, yaitu mampu menghasilkan biogas yang dapat dipergunakan sebagai bahan bakar atau kebutuhan lain.

 

Mengenai Apa Itu IPAL Domestik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengolahan air limbah domestik sangat dibutuhkan memastikan bahwa limbah cair yang dibuang tidak lagi memiliki kandungan kimia maupun biologi yang dapat mencemari lingkungan.

Apalagi, tingginya jumlah air yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari juga berarti tingginya jumlah air limbah yang dihasilkan, termasuk dalam lingkup air limbah domestik seperti rumah tangga.
Pengolahan Ipal limbah cair domestik ini perlu dilakukan baik di dalam bangunan rumah tinggal maupun bangunan non rumah tinggal.

Prosesnya dilakukan sebelum air limbah dibuang ke dalam drainase atau saluran umum kota.

Adanya perencanaan IPAL domestik sebagai bagian dari proses pengolahan air limbah domestik merupakan salah satu syarat penting dalam proses penerbitan dokumen-dokumen penting, seperti dokumen-dokumen berikut ini:

  • Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT).
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  • Rencana Tata Letak Bangunan (RTLB).
  • Kelayakan Menggunakan Bangunan (KMB).
  • Surat Izin Penggunaan Bangunan (IPB).
  • Perizinan operasional lainnya dari instansi berwenang yang terkait dengan operasional yang dimaksud.

 

Mengelola Air Limbah Domestik dalam Rangka Pengelolaan air Limbah

Dalam rangka pengelolaan lingkungan terutama menyangkut masalah pembuangan limbah cair. baik itu limbah Industri maupun Limbah rumah tangga. Tentunya harus ada perencanaan yang matang.

Sebelum dibuang ke badan air penerima terlebih dahulu harus diolah di dalam sistem pengolahan air limbah.

Merancang design ipal Domestik tentunya berbeda jauh dengan Design Ipal Industri.

Karena yang diolah nantinya hanya air limbah dari kegiatan pembuangan limbah cair rumah tangga

Pengelolaan limbah domestik yang baik haruslah dimulai dari sumber air buangannya.

Salah satunya mengatur jalur drainase yang benar serta terarah.

Upayakan jalur pembuangan air limbah ini tidak tercampur dengan air hujan.

Serta Derajat kemiringan aliran air limbah domestik harus diukur dengan matang. Supaya Aliran Gravitasi air dapat berjalan lancar.

Pengelolaan akhir dari konsep Air limbah domestik ini. Yaitu dengan cara mengolah air limbah tersebut dalam suatu instalasi pengolahan air limbah ipal domestik.

 

IPAL Domestik Terpusat.

Untuk di beberapa tempat tertentu seperti kota besar. Membangun sistem Ipal Rumah tangga secara mandiri di tiap tiap rumah merupakan upaya yang sulit untuk dilakukan.

Selain menelan anggaran pembuatan Ipal domestik sederhana yang tidak sedikit.

Pengelolaan nya membutuhkan tenaga kerja yang ccukup banyak.

Oleh karena itu Teknik pengolahan air limbah dengan model ipal domestik Terpusat merupakan solusi nya.

Dengan Ipal terpadu ini semua limbah cair buangan perumahan akan dialirkan menuju ke satu titik bak penampungan akhir.

Untuk kemudian diolah lebih lanjut di Fasilitas Ipal domestik terpusat.

Sistem pengolahan seperti ini disebut juga dengan Ipal komunal atau Ipal Terpadu.

 

 

 

ipal domestik rumah tangga
ipal domestik rumah tangga

 

 

 

Kriteria Design dan Spesifikasi Teknis Ipal domestik

Untuk perencanaan Instalasi pengolahan air limbah ipal domestik diperlukan kriteria khusus yang harus dipenuhi.

Berikut kami rangkum beberapa syarat yang diperlukan Untuk Kriteria design Ipal

 

Tersedia Lahan Yang cukup

Hal pertama yang harus diperhatiakan adalah ketersediaan lahan untuk tempat Instalasi pengolahan air limbah dibangun.

Sebab untuk membangun sebuah Ipal komunal diperlukan lahan yang cukup besar.

Lahan yang dipergunakan bisa menggunakan fasum dari perumahan atau lahan milik pemda yang kurang produktif.

Tentunya lahan tersebut minimal harus sedikit jauh dari Rumah tinggal Warga.

Hal itu dengan tujuan agar segala mobilisasi dan Kegiatan operasional ipal tidak terganggu dengan aktifitas warga

 

Jumlah minimal kapasitas pengolahan

Kriteria Design ipal Selanjutnya yaaitu jumlah minimum Rumah yang akan diolah limbahnya harus tercukupi.

Ipal domestik baik itu Ipal Komunal maupun terpadu. Selain dibangun dengan tujuan mengurangi pencemaran dan upaya pengelolaan limbah. Ipal harus memiliki nilai lebih.

Yaitu benefit yang didapat dari penarikan retribusi pengolahan air limbah yang diolah dalam sistem Ipal.

Semakin besar debit yang akan diolah maka semakin cepat juga nilai Break Event Point kembali.

Karena pembayaran Pelanggan dihitung dari berapa meter kubik air yang dibuang ke unit ipal domestik.

 

Posisi Ipal Domestik di tempat paling rendah

Kriteria design ipal selanjutnya yaitu pemilihan tempat yang tepat berada di lokasi dengan level permukaan yang paling rendah.

Hal ini sangat tepat jika dipandang dari segi ekonomis.

Dengan lokasi yang rendah tersebut Limbah cair buangan yang mengalir ke Unit Ipal domestik Dapat mengalir secara gravitasi.

Tentunya akan menghemat biaya operasional seperti pembelian pompa transfer dan Biaya Listrik.

Dengan aliran Gravitasi juga mempermudah operator Ipal Komunal untuk mengontrol laju air setiap harinya.

 

 

Perencanaan Ipal Domestik komunal

Dalam setiap pembangunan Ipal limbah domestik yang akan dilakukan. Baik itu menggunakan anggaran pemerintah Atau swasta maupun Mandiri. Tentunya diperlukan sebuah perencanaan yang super matang.

Termasuk perencanaan Ipal komunal yang berfungsi untuk mengolah air limbah rumah tangga.

Pengadaan yang akan dilaksanakan harus memperhatikan beberapa aspek. seperti Aspek Komersial, ekonomis, Efek Dampak Lingkungan. dan Studi kelayakan.

Hal ini bertujuan agar anggaran yang dikeluarkan dan jumlahnya tidak sedikit tersebut. Tidak akan sia sia karena sistem pengolahan air limbah yang dibangun tidak dapat beroperasi dengan baik.

Permasalahaan yang timbul dalam perencaanaan Ipal Domestik komunal yang paling utama. Yaitu Adanya Tim Tenaga ahli yang benar benar menguasai teknik design dan perhitungan Teknis ipal air limbah domestik.

Oleh karena itu Prioritas utama dalam perencanaan ipal yaitu memilih tenaga ahli. Yang dapat bertanggung jawab secara total untuk perencanaan , pembangunan , dan operasional ipal domestik itu sendiri nantinya.

Pastikan memilih konsultan dan kontraktor terpercaya agar hasil pekerjaan dapat bagus dengan performa maksimal.

itulah salah satu contoh perencanaan dan pembangunan ipal domestik.

 

Syarat Pembangunan Ipal

Dalam pengolahan air limbah domestik juga terdapat beberapa persyaratan teknis penting yang perlu diperhatikan dan dipenuhi.

Secara umum, persyaratan teknis dalam pengolahan air limbah domestik adalah sebagai berikut:

  • Proses pembuatan rancangan IPAL domestik dilakukan dengan mengacu pada jumlah populasi penghuni bangunan – rumah tinggal maupun non rumah tinggal – serta jenis peruntukan bangunan.
  • Artinya, rancangan unit IPAL akan berbeda untuk bangunan yang dihuni, misalnya, 5 orang dengan bangunan yang dihuni 50 orang.
  • Teknis pengaturan pengolahan air limbah domestik mencakup sistem IPAL secara biologis.
  • Pengolahan air limbah domestik mencakup pengolahan individual, semi komunal, maupun komunal di area pembangunan baru, perbaikan lingkungan, pemugaran, dan peremajaan.
  • Pengolahan harus dilakukan dengan memenuhi ketentuan mengenai baku mutu air limbah domestik, yang didasarkan pada pedoman umum tentang sistem pengolahan air limbah domestik.
  • Air limbah yang dibuang ke dalam saluran wajib memenuhi standar ketentuan mengenai baku mutu air limbah domestik.

 

 

Diagram Alir Ipal

Dalam Perencanaan Pembangunan Ipal Domestik Harus lah dilengkapi beberapa dokumen wajib. Seperti salah satunya yaitu Harga Satuan Ipal dan shop drawing yang didalamnya terdapat diagram alir ipal Domestik.

Mengapa gambar diagram alir ini diperlukan?.

Hal ini bertujuan agar sistem aliran air limbah dari sumber buangan menuju ke unit pengolahan Ipal Terpusat dapat di petakan dengan baik.

Gambar teknis Ipal yang baik akan menunjukkan dimana letak pipa dipasang dan ditanam. Serta Posisi letak Bak kontrol sambungan antar pipa dapat dikenali posisinya dengan baik.

Selain itu ketika ada permasalahan di kemudian hari. operator dapat dengan mudah mengidentifikaasi sumber masalah tersebut.

Sedangkan Untuk Diagram alir Ipal limbah cair domestik di unit pengolahan utama Ipal domestik. harus dapat menggambarkan Flow sceme aliran air dan posisi perpipaan yang ada.

Karena biasanya ipal komunal atau Ipal domestik ini dipasang tertanam di dalam tanah.

Ketika ada permasalahan operasional timbul. Dengan melihat gambar diagram alir ipal. operator ipal langsung dapat memeriksa titik titik mana yang berpotensi menjadi penyebab permasalahan.

Jika peralatannya yang rusak akan dapat diketahui dengan cepat untuk dilakukan perbaikan.

Itulah pentingnya diagram alir ipal daalam sistem pengolahan ipal Domestik terpusat.

 

 

ipal domestik
ipal domestik

 

IPAL Domestik Toya Arta Sejahtera

Kami dari Toya Arta Sejahtera adalah perusahaan yang telah bergerak selama bertahun-tahun di bidang pembuatan unit atau fasilitas pengolahan limbah, Baik itu limbah cair maupun limbah padat.

Selama ini, kami telah dipercaya oleh para klien di penjuru Indonesia untuk menyediakan unit IPAL air limbah domestik yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sampai saat ini, pengalaman kami sebagai penyedia unit instalasi pengolah air limbah telah berlangsung selama lebih dari 17 tahun.

Beragam jenis unit IPAL limbah cair domestik yang telah kami produksi mencakup instalasi pengolah air limbah medis.

Termasuk di dalamnya adalah IPAL rumah sakit, IPAL puskesmas, IPAL laboratorium, IPAL klinik, maupun unit IPAL lain untuk mengolah limbah cair hasil dari aktivitas medis.

Selain itu, kami juga memproduksi unit IPAL untuk rumah potong hewan (RPH), IPAL domestik untuk perumahan atau permukiman, hotel dan apartemen, industri besar maupun kecil, pasar, site pertambangan dan pengeboran minyak, stadion olahraga, gedung pertemuan, terminal, maupun fasilitas umum lainnya.

 

Pengalaman Perusahaan

Lewat pengalaman panjang kami dan eksistensi kami hingga saat ini, hal tersebut membuktikan bahwa produk unit IPAL yang kami desain dan produksi memang benar-benar berkualitas dan efisien dalam mengolah air limbah agar layak dibuang ke dalam saluran, serta tidak mencemari lingkungan.

Di samping itu, kami juga memiliki beragam jenis pilihan unit IPAL, termasuk IPAL domestik, yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan pengolahan air limbah Anda.

Belum lagi, kami juga menawarkan opsi untuk desain khusus alias customized agar unit IPAL yang kelak dioperasikan di tempat Anda benar-benar sesuai dengan kebutuhan spesifik yang Anda miliki.

Seluruh layanan kami, mulai dari proses rancang desain, produksi, hingga pemasangan, semuanya dilakukan oleh tim staf dan teknisi kami yang telah terbukti berpengalaman, kompeten, andal, dan profesional di dalam bidang pengolahan air limbah.

Karena itulah desain unit IPAL Limbah cair domestik kami pasti selalu tepat dan presisi, termasuk unit customized. Sebab, proses desainnya sendiri selalu dilakukan secara matematis serta mengikuti kaidah teknis yang tepat.

Kami juga telah mendapatkan sertifikat ISO, yang semakin mempertegas bahwa mutu produk maupun layanan kami semuanya benar-benar telah memenuhi standar yang tinggi, bahkan standar internasional yang berlaku di seluruh dunia.

Di samping itu, kami juga telah memegang hak paten merek untuk seluruh produk kami, termasuk unit IPAL domestik.

Hal ini juga berarti bahwa teknologi yang kami terapkan sepanjang proses perancangan hingga produksi unit instalasi pengolah air telah teruji dan diakui. 

 

Keunggulan IPAL Domestik Toya Arta Sejahtera

 

Selain itu, dari segi produk atau unit IPAL domestik sendiri, ada berbagai keunggulan yang dimiliki dan dijamin pasti dapat Anda nikmati jika Anda memilih produk kami nantinya.

Beragam keunggulan produk instalasi pengolahan air limbah domestic Toya Arta Sejahtera meliputi:

  1. Biaya investasi unit IPAL domestik Toya Arta Sejahtera yang lebih terjangkau, apalagi jika Anda bandingkan dengan produk-produk serupa yang beredar di pasaran.
  2. Kemudahan dalam melakukan perawatan atau maintenance unit instalasi pengolah air limbah domestik kami. Jadi, Anda dijamin tidak akan kerepotan dalam pemeliharaan unit saat digunakan sehari-hari nantinya.
  3. Biaya maintenance yang lebih terjangkau, sehingga keberadaan unit di kawasan bangunan Anda jelas tidak akan membebani pengeluaran rutin Anda tiap bulan.
  4. Kemudahan dalam operasional atau penggunaan mesin. Bahkan, kami menjamin bahwa unit IPAL domestik Toya Arta Sejahtera pasti dapat digunakan dengan mudah walaupun Anda masih awam sekalipun.
  5. Ada sesi training dan pendampingan dalam penggunaan unit yang dipandu oleh teknisi profesional dan berpengalaman kami. Sesi pendampingan ini kami sediakan secara gratis dan merupakan bagian dari wujud komitmen kami dalam memberikan layanan terbaik.
  6. Proses desain hingga pemasangan unit instalasi pengolahan air limbah domestik kami dijamin dapat berlangsung sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat dan disepakati bersama sehingga tidak akan molor alias terlambat.

 

Layanan Istimewa Kami lainnya

Selain beberapa keunggulan perusahaan kami dalam menangani setiap proyek yang kamai kerjakan.

Termasuk Design Ipal domestik kami juga memberikan pelayanan istimewa lainnya yaitu :

  1. Terdapat pilihan desain customized untuk Anda yang memiliki kebutuhan spesifik atau unik.
  2. Terdapat opsi untuk pemasangan unit langsung di lokasi Anda.
  3. Semua alat maupun komponen yang dipergunakan di dalam unit IPAL domestik kami seluruhnya tersedia di pasaran.
  4. Dengan demikian, apabila nantinya Anda mengalami masalah atau menemukan gangguan pada unit yang mengharuskan adanya perbaikan, proses perbaikan tidak akan berlangsung lama karena kemudahan untuk menemukan komponen atau alat baru. Jadi, unit IPAL Anda juga bisa dioperasikan kembali dengan segera.
  5. Kami menyediakan garansi unit yang dijalankan sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.
  6. Terdapat beragam pilihan jenis model, ukuran, kapasitas, hingga material unit IPAL domestik Toya Arta Sejahtera yang tersedia. Di samping itu, masih ada opsi desain customized khusus. Dengan demikian, Anda dijamin akan mendapatkan unit yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda demi proses pengolahan air limbah yang optimal.

 

 

Hubungi Kami

Apakah Anda tertarik untuk meng-install unit IPAL domestik Toya Arta Sejahtera?

Atau apakah Anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu untuk membahas detail-detail teknis. Atau memilih unit IPAL yang sesuai dengan kebutuhan Anda?.

Hubungi kami dan kami akan selalu siap membantu Anda memecahkan masalah atau kebutuhan terkait sistem pengolahan air limbah. Baik itu untuk domestik, industri, medis, komunal, atau fasilitas umum lainnya!

 

Memilih perusahanan kami sebagai penyedia layanan Jual Ipal Domestik murah merupakan pilihan tepat dan bijaksana. Karena Toya Arta Sejahtera selalu dapat menjadi mitra dan partner terbaik dalam pembuatan Ipal domestik serta Ipal Lainnya.

 

  • Alamat kantor administrasi: Green View, Jalan Mandor Sanun no. 3, Harapan Jaya, Cibinong, Bogor.
  • Kunjungi workshop kami: Kp. Tonggoh RT 01 RW 01, Gunung Sari, Kecamatan Citeureup, Bogor.
  • Telepon: (021) 83716924, ext. 10 dan ext. 11.
  • Kontak fast response di: 0812-1803-4606 (bisa telepon, SMS, dan WhatsApp).
  • Kirim email di: Email: toyaartasejahtera@gmail.com

Scroll to Top