filter air

Filter Air

Ketahui Manfaat Penting Filter Air untuk IPAL

 

Filter air merupakan sebuah alat yang digunakan pada proses IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah. Agar air yang keluar mampu tersaring dengan baik dan menghindari keluarnya air kotor, berbau, dan berasa. Dengan adanya filter, maka hal ini mampu memberikan manfaat dalam penyediaan sumber air yang bersih bahkan air tersebut dapat layak untuk diminum.

Anda juga dapat dengan mudah untuk mendapatkan berbagai jenis teknologi filter untuk air dengan bermacam-macam tipe berdasarkan kebutuhan yang Anda perlukan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai teknologi filter untuk air.

 

Pahami Apa Saja Manfaat Teknologi Filter untuk Air

Saat ini, teknologi filter yang digunakan untuk keperluan mandi, mencuci piring dan berbagai keperluan lainnya juga telah diciptakan. Tidak terkecuali filter yang digunakan untuk IPAL. Sehingga, dengan adanya filter, maka proses untuk mendapatkan air yang bersih akan lebih mudah.

Pada dasarnya, teknologi filter ini bekerja melalui dasar konsep yang sama, yaitu untuk menghasilkan air yang bersih, tidak berwarna, berbau, dan berasa. Sehingga, tidak salah jika Anda menemukan teknologi ini yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti mandi, mencuci, dan untuk keperluan minum.

Sehingga, pastikan untuk memahami setiap perbedaan yang ada. Di sisi lain, tidak semua teknologi filter untuk air memiliki persamaan. Pasalnya, filter memiliki perbedaan berdasarkan pada skala besar atau rendah yang digunakan untuk melakukan proses penyaringan.

 

 

filter air

 

 

 

Cara Mudah Memilih Filter untuk Air

Jika Anda menginginkan untuk memahami beberapa cara mudah dalam melakukan pemilihan filter untuk air. Maka Anda tidak perlu bingung menghadapi hal tersebut. Pasalnya, cara pemilihan filter sebenarnya cukup mudah jika Anda mengetahui beberapa hal yang penting. Berikut cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk memudahkan dalam memilih filter untuk air Anda.

 

  • Ketahui Tingkat Keasaman Air

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk memilih filter air adalah pastikan untuk mengetahui tingkat keasaman air. Tingkat keasaman air akan membantu Anda dalam melakukan pemilihan filter. Pasalnya, dengan mengetahui kondisi air, maka Anda akan lebih mudah dalam memahami apa saja senyawa kimia yang ada pada air Anda.

 

Hal yang perlu Anda pahami selanjutnya adalah jenis filter air untuk membran sangat tidak cocok untuk digunakan. Sehingga, pastikan untuk mengecek tingkat keasaman dan kadar pH yang ada pada air sebelum memutuskan untuk membeli filter.

 

 

  • Ketahui Tingkat Kebutuhan Air

Langkah selanjutnya yang perlu diketahui adalah pastikan untuk memahami tingkat kebutuhan air Anda. Dengan mengetahui tingkat kebutuhan air, maka Anda akan lebih memudahkan Anda dalam menentukan jenis filter apa yang cocok dan seberapa besar filter yang cocok untuk digunakan.

 

Misalnya, dalam satu keluarga Anda membutuhkan air yang cukup banyak, namun menggunakan filter yang kecil. Tentunya, hal ini tidaklah cocok mengingat sumber air yang Anda butuhkan cukup besar. Jika Anda melakukan hal ini, maka filter yang digunakan tidak akan kuat dalam menahan volume air. Sehingga, hal ini akan mengakibatkan filter cepat rusak.

 

 

[wpi_designer_button id=’241′]

 

 

  • Pahami Teknologi yang Digunakan

Langkah selanjutnya adalah pastikan untuk memahami teknologi jenis apa yang digunakan. Teknologi yang digunakan dalam proses filter seperti untuk mandi dan cuci memiliki teknologi yang berbeda, namun jauh berbeda. Apalagi teknologi yang digunakan untuk proses IPAL. Yang mana, teknologi yang digunakan cukuplah berbeda dan lebih kompleks.

Ukuran yang digunakan dalam teknologi IPAL juga tergolong lebih besar dibandingkan dengan jenis teknologi lainnya. Di sisi lain, jika dilihat dari kapasitas, maka teknologi filter air harus dipertimbangkan secara baik khususnya dalam hal konsumsi energi. Ketika Anda melakukan hal tersebut, maka hal ini akan membantu Anda dalam menentukan jenis filter yang cocok.

 

 

  • Pahami Mengenai Layanan Pelanggan atau Konsumen

Dengan memahami layanan pelanggan atau konsumen, maka hal ini akan membantu Anda dalam menentukan jenis filter yang cocok. Anda dapat mencoba untuk menanyakan kepada penjual mengenai jenis filter yang baik dan bagaimana cara atau mekanisme servis jika terjadi kerusakan ketika dalam tahapan penggunaan. Dengan mengetahui layanan pelanggan, maka hal ini akan memudahkan dalam melakukan kontrol terhadap alat filter yang digunakan.

 

 

  • Ketahui Suku Cadang

Langkah yang cukup penting adalah dengan memahami suku cadang. Ketika Anda memahami suku cadang, maka hal ini akan mempermudah Anda dalam melakukan proses pergantian ketika filter air yang Anda gunakan mengalami kerusakan. Di sisi lain, suku cadang dapat membantu Anda dalam melakukan proses percepatan dan perbaikan pada bagian filter yang rusak. Sehingga, pastikan untuk memahami suku cadang yang digunakan.

 

 

  • Perhatikan Karbonisasi

Terakhir, pastikan untuk memerhatikan karbonisasi yang ada pada teknologi filter yang digunakan untuk melakukan proses penjernihan. Metode karbonisasi menjadi metode yang mudah untuk diterapkan dan Anda tidak memerlukan biaya yang cukup mahal. Beberapa jenis bahan yang digunakan untuk proses metode ini antara lain adalah arang, batu bara, tawas, kapur, dan lainnya.

 

 

 

 

[wpi_designer_button id=’342′]

 

 

 

Media- Media yang Digunakan untuk Proses Filter pada Air

Terdapat beberapa jenis media yang sering kali digunakan pada saat proses filter air. Dengan memahami beberapa jenis media yang digunakan, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan jenis media apa yang cocok. Beberapa jenis media yang kerap kali digunakan sebagai proses filter air antara lain adalah sebagai berikut;

 

  • Pasir Silika

Jenis media yang digunakan pertama kali adalah pasir silika. Pasir jenis ini merupakan jenis pasir yang memiliki perbedaan dengan pasir lainnya. Pasir ini juga dinilai lebih efektif. Ketika Anda menggunakan pasir ini, maka Anda akan lebih mudah untuk melakukan proses penyaringan secara cepat dab mudah.

 

Sehingga, air keruh yang dihasilkan akan hilang. Di sisi lain, jenis pasir ini juga sangat efektif digunakan sebagai solusi untuk melakukan penyaringan terhadap endapan lumpur, pasir, dan beberapa jenis partikel lainnya.

 

 

  • Pasir Zeolit

Jenis pasir berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk media filter adalah pasir zeolit. Jenis pasir ini merupakan jenis pasir yang cukup berbeda dengan jenis pasir silika. Walaupun sama-sama memiliki bentuk pasir, namun jenis pasir ini cocok untuk digunakan di kegiatan yang bersifat terbuka.

 

Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk kegiatan tambak dan kolam ikan. Manfaat yang akan digunakan ketika menggunakan jenis pasir ini antara lain mampu menambah jumlah kadar oksigen dalam air. Sehingga, pasir jenis ini sangat cocok digunakan untuk proses usaha ternak ikan dan udang.

 

 

  • Karbon Aktif

Jenis media lainnya yang dapat Anda gunakan adalah jenis karbon aktif. Jenis karbon ini merupakan, jenis karbon yang sangat baik dan cukup efektif digunakan sebagai cara untuk melakukan proses penyaringan di berbagai partikel asing. Sehingga, kandungan di air berupa endapan mampu mendapatkan hasil yang jernih dan bebas dari bau.

 

 

  • MGS atau Manganese Green Sand

Selanjutnya, Anda dapat memilih untuk menggunakan MGS. MGS merupakan jenis bahan yang cocok untuk Anda gunakan sebagai proses filter bagi air. Jenis media ini dinilai efektif dikarenakan mampu menghilangkan bau yang berasal dari besi. Sehingga, zat besi yang mengendap pada air dapat hilang.

 

Sehingga, air sehat untuk dikonsumsi. Pada IPAL, jenis media ini sangat penting khususnya sebagai cara untuk melakukan filter air. Sehingga, pastikan untuk menentukan jenis IPAL yang cocok bagi Anda.

 

 

  • FTR – 31

FTR – 31 merupakan jenis media filter untuk air yang dapat Anda pilih. Jenis media ini merupakan jenis media pada produk Biological sebagai media yang dapat digunakan untuk proses penyaringan pada air. Terutama ketika Anda menginginkan untuk melakukan proses pengolahan terhadap air limbah industri dan air di rumah sakit. Beberapa jenis media FTR – 31 yang dapat Anda gunakan antara lain adalah Basic Carbon dan Basic chemical

 

 

  • Bio Ball

Berikutnya, Anda dapat memilih bio ball. Bio ball merupakan jenis medis filter bagi air yang mampu melakukan proses pengubahan amonia. Yang mana, proses ini berfungsi untuk mencegah adanya potensi berbahaya untuk mampu menjadi nitrat jinak. Di sisi lain, proses ini juga mampu membantu Anda dalam proses filter baik basah maupun kering. Yang mana, air melakukan proses pergerakan dan hal ini akan memungkinkan dalam proses pengambilan lebih banyak oksigen pada bagian tubuh. Sehingga, hal ini mampu memberikan makanan bagi pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.

 

 

  • Biomaterial

Jenis media ini merupakan jenis media yang telah digunakan dan melakukan proses rekayasa. Yang mana, hal ini bertujuan untuk melakukan proses interaksi dengan sistem baik biologis dan sistem lainnya yang bertujuan sebagai proses medis dan diagnostik. Media ini juga cukup bagus untuk digunakan sebagai media pengolahan pada limbah industri.

 

 

  • Resin

Media terakhir yang dapat digunakan sebagai proses penyaring air adalah resin. Resin menjadi media yang digunakan sebagai proses pertukaran ion yang mana sering kali digunakan untuk proses pelunakan pada air. Anda dapat dengan mudah menemukan jenis media ini pada industri.

 

 

 

filter air

 

Salah Satu Bakteri Sebagai Pengolahan pada IPAL

Mungkin Anda kerap kali mendengar starter bakteri. Starter bakteri merupakan salah satu jenis bakteri yang ada pada filter air, yang mana kerap kali dikembangbiakkan oleh IPAL atau perusahaan pengolahan air limbah. Yang mana, bakteri ini merupakan jenis bakteri yang mengandung bakteri baik untuk melakukan proses pengoptimalan kinerja bakteri.

 

Sehingga, hal ini secara tidak langsung akan membantu pihak pengolahan IPAL dalam menjaga stabilitas mikroorganisme dan pengolahan pada limbah. Di sisi lain, jenis bakteri ini merupakan jenis bakteri yang mengandung adanya prekursor yang akan memberikan efek perlindungan terhadap sel bakteri lainnya. Sehingga, hal ini akan membantu dalam proses tahapan pada kondisi yang ekstrem.

 

 

 

 

[wpi_designer_button id=’338′]

 

 

 

 

Jenis-Jenis Teknologi Filter air Terbaik untuk Air yang Sering Digunakan

Pada dasarnya, terdapat dua jenis teknologi filter untuk air yang kerap kali digunakan pada IPAL. Pada dasarnya, jenis teknologi ini akan memudahkan dalam mendapatkan hasil air yang berkualitas dan terbaik. Sehingga, teknologi ini dinilai sangat penting ketika digunakan dalam proses saringan pada air. Beberapa jenis media tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

 

Filter atau Penyaring Air dengan Menggunakan Karbon Aktif

Jenis teknologi filter yang pertama adalah jenis filter yang menggunakan karbon aktif. Jenis karbon ini merupakan jenis karbon yang memiliki bahan coconut shell yang menjadi proses filter untuk proses dalam menghilangkan bahan-bahan organik, desinfeksi, serta mampu menghilangkan bau serta rasa yang disebabkan oleh senyawa organik. Di sisi lain, jenis filter ini juga digunakan untuk menyisihkan senyawa organik pada partikel yang terlarut.

Untuk proses prinsip pengolahan sendiri, jenis filter ini menggunakan sistem yang bertujuan untuk menghilangkan bahan-bahan pencemar dan berbahaya dengan bantuan karbon. Akan tetapi, proses yang digunakan akan didasarkan pada luas permukaan benda atau media yang disaring dengan menggunakan sistem filter ini. Jika Anda menginginkan untuk melakukan proses efisiensi, maka hal ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga air mampu menghasilkan hasil yang maksimal dan efisien.

Namun, jika waktu yang Anda gunakan tidak mencukupi, maka alternatif terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perluasan terhadap media dengan perluasan yang kecil. Pada dasarnya, zat yang berada pada air ini akan melakukan proses adsorpsi berupa senyawa organik yang tidak diinginkan.

 

Filter atau Penyaring Air dengan Menggunakan Teknologi Membran.

Jenis teknologi yang digunakan selanjutnya adalah teknologi membran. Jenis teknologi ini merupakan jenis teknologi yang berfungsi sebagai proses penyaringan pada pengolahan air agar air dapat diminum dan mendapatkan kualitas air yang baik. Pada jenis teknologi ini, maka diperlukan teknologi membran berupa unit pengolahan air yang dijadikan sebagai proses untuk melakukan filtrasi pasir secara lambat.

Saat ini, banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dalam menggunakan teknologi filter air ini karena biaya operasional yang terbilang terjangkau dan tidak terlalu mahal. Di sisi lain, teknologi ini akan menghasilkan teknologi air minum yang layak untuk dikonsumsi. Keunggulan dengan menggunakan jenis filter air ini adalah unit pengolahan yang digunakan memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan jenis filter lainnya. Akan tetapi, kapasitas pengolahan yang ada cukuplah besar.

Pada dasarnya, jenis filter ini terbagi menjadi 4 bagian seperti RO, ED, UF, dan mikrofiltrasi. Sedangkan, media yang digunakan sebagai proses dalam pembuatan filter membran ini memiliki ketersediaan dalam berbagai jenis benda dan metode dalam pembuatannya. Misalnya, media yang digunakan adalah media absolut dan media nominal. Media ini akan tergantung terdapat ukuran besar dan ukuran lubang yang ada pada media filter.

 

 

 

 

[wpi_designer_button id=’241′]

 

 

 

 

Keunggulan Membran Filter

Filter ini juga memiliki membran yang cukup tebal dan tidak beraturan. Akan tetapi, Anda akan menemukan bagian yang tampak kasar jika Anda melihatnya melalui lubang atau pore dengan karakteristik lubang yang lebih besar. Hal ini dikarenakan, jenis filter ini merupakan jenis filter yang dibuat dengan menggunakan polimer dan melalui proses pencetakan. Bagan yang digunakan sebagai bahan utama yaitu berupa ester selulosa. Selama proses pencetakan, maka Anda akan mendapatkan proses sterilisasi yang ada pada bagian larutan.

Filter air merupakan jenis peralatan yang ada pada bagian IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah. Filter atau yang kerap dikenal sebagai saringan menjadi bahan atau alat yang penting. Pasalnya, alat ini digunakan untuk mendapatkan kualitas air yang bermutu dan berkualitas. Di sisi lain dengan menggunakan filter, maka Anda akan mendapatkan jenis atau hasil air minum yang berkualitas. Yaitu, jenis air yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Sehingga, pastikan untuk memahami bagaimana atau langkah mudah dalam melakukan pemilihan filter atau saringan air di IPAL yang cocok.

 

Rekomendasi.

Untuk Informasi Produk dan Permintaan penawaran maupun brosur produk. Silahkan hubungi Marketing & Tecnical suport perusahaan kami. Dengan Senang hati kami akan mempresentasikannya.

 

HUBUNGI KAMI

 

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

Green View Blok H No. 3 Jl. KH. M Sanun Harapan Jaya Cibinong Kab. Bogor

 

 

 

 

TELP :  +62 21 83716924

 

 

 

 

EMAIL : toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

FAST RESPONSE CALL : +62 812 180 34606

 

 

 

 

 

[wpi_designer_button id=’241′]

Scroll to Top